Daftar Juara MPL Invitational (MPLI) Dan Jadwal MPLI 2023

Turnamen MPL Invitational Mobile Legends (MPLI) tentu sangat dinanti akan kembali menyajikan pertandingan seru yang diikuti oleh berbagai tim kuat dari berbagai negara. Baru-baru ini, sudah diumumkan jadwal MPL Mobile Legends Invitational 2023 yang dapat segera kamu saksikan.

Seperti tahun sebelumnya, MPLI akan membuat banyak kejutan bagi kamu pecinta dan fans tim E-Sport.

ONE Esports didukung Moonton kembali menggelar MPLI, agenda turnamen tahunan yang mempertemukan tim MLBB dari liga MPL (Mobile Legends Professional League) di Asia Tenggara.

Tahun ini MPLI memasuki Season ke-5 sejak pertama diselenggarakan pada 2019. Istimewanya, tim wakil Indonesia menjadi juara bertahan dari musim ke musim.

Pastinya kamu telah mengetahui bahwa kancah mobile legend saat ini sangat diminati bagi seluruh kalangan, dan kami akan mengulas kilas balik peraih juara pada gelaran turnamen MPL Invitation sejak season 1(2019) hingga Season 4(2022). Tim mana saja sih yang pernah meraih tropy MPLI ? yuk simak dibawah ini !

Daftar Juara MPLI Mobile Legends, Dominasi Tim Indonesia!  

Tepat setahun kamarin MPL Invitational (MPLI) 2022 akhirnya telah resmi usai, setelah ONIC Esports dipastikan menjadi juara turnamen tersebut.

Tim berlogo landak kuning tersebut berhasil menaklukkan rekan senegaranya di partai puncak dengan kemenangan 3-2 atas Geek Fam ID. Hal ini juga menjadikan tim tersebut mempertahankan gelar yang telah mereka dapatkan di musim sebelumnya.

Menariknya, ternyata sejauh ini MPLI selalu dimenangi oleh tim asal Indonesia. Oleh karena itu, berikut adalah daftar juara MPLI Mobile Legends.

Baca Juga:  Eventff 2021.com

RRQ Hoshi – MPL Invitational Season 1 (2019)

Daftar Juara MPL Invitational (MPLI) Dan Jadwal MPLI 2023
sumber official ig akun rrq

Pada musim pertama gelaran turnamen MPL Invitational yang hadir pada tahun 2019 silam untuk mengganti turnamen MSC yang batal di gelar karena pandemi Covid-19. Musim perdana yang digelar mengikut sertakan 4 negara, dan dimana akhirnya hanya 3 negara yang mengikuti gelaran MPLI Season 1.

RRQ Hoshi berhasil meraih tropy sebagai juara setelah mendominasi pertandingan dari mulai group stage hingga playoff. Pada partai final RRQ sukses melumat kemenangan atas RSG 3-0 dan mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka sepanjang gelaran MPLI 2019.

Alter Ego – MPL Invitational Season 2 (2020)

Daftar Juara MPL Invitational (MPLI) Dan Jadwal MPLI 2023
Sumber laman resmi OneEsport

Pada Gelaran musim kedua MPL Invitational Season 2 yang diselenggarakan oleh One Esports bekerja sama dengan Moonton untuk memperkenalkan sistem baru, yaitu Captain Draft. Empat juara dari MPL Nation akan memilih tim yang akan menjadi lawan di bracket grup masing-masing.

Ujung dari turnamen MPL Invitational 2020 bermuara di pertemuan Alter Ego vs Bren Esports. AE merupakan runner up MPL Indonesia yang telah mengalahkan RRQ Hoshi, Genflix Aerowolf dan Geek Fam untuk mencapai partai final.

Sementara Bren lewati halangan Aura PH dan Burmese Ghouls untuk tantang AE di final. Sayangnya, laga final berjalan kurang menarik karena Udil dan kawan-kawan terlalu brutal di momen ini.

Pada musim ini tim asal Indonesia Alter Ego sangat mendominasi setiap pertandingan walau tak meraih gelar juara pada MPL ID Season 6 namun Alter Ego berhasil meraih gelaran juara pada MPL Invational Season 2, meraih point penuh tanpa kekalahan serta mendapatkan juara adalah suatu kebanggan bagi Udil dan kawan-kawan.

ONIC E-Sport – MPL Invitational Season 3 (2021)

Daftar Juara MPL Invitational (MPLI) Dan Jadwal MPLI 2023
Sumber laman resmi One Esport

Pada musim ketiga ini captain draft tetap dipertahankann, selain itu dominasi tim asal Indonesia masih terasa cukup kuat. Memasuki babak semifinal tim asal Indonesia mendominasi dengan 3 perwakilan, yaitu ONIC Esports, Alter Ego, dan RRQ Hoshi. Satu tiket lainnya jadi milik Blacklist International asal Filipina.

Baca Juga:  Apa Saja Manfaat Bermain Free Fire

ONIC Esports berhasil membuktikan bisa menjadi pawang tim Blacklist International dengan berbagai META mereka. Sempat tertinggal pada game pertama, ONIC Esports membabat habis Blacklist di game berikutnya. Sanz dan kawan-kawan menutup partai final dengan skor 3-1.

ONIC E-Sport – MPL Invitational Season 4 (2022)

Daftar Juara MPL Invitational (MPLI) Dan Jadwal MPLI 2023
Sumber official intagram MPL ID

Usai bertarung menghadapi berbagai tim seperti BREN Esports, TODAK, dan juga Geek Fam di MPLI 2022 akhirnya ONIC Esports berhasil merebut gelar juara. Perjuangan yang begitu keras di partai final membuat Kairi cs mampu mempertahankan gelar juara. Sempat tertinggal 2-0, Kairi cs berhasil membalikkan keadaan dan membuat skor menjadi 3-2 otomatis membawa kemenangan bagi ONIC Esports.

Dengan kemenangan ini, Onic Esports berhak mendapatkan gelar juara MPLI 2022 sekaligus mengantongi hadiah 35.000 Dolar AS atau sekitar Rp546 juta dari total prize pool 100.000 Dolar AS (Rp 1,5 miliar).

Gelar juara ini sekaligus mengawinkan piala MPL ID Season 10 yang diraihnya beberapa waktu lalu usai mengalahkan RRQ Hoshi di Grand Final. Kendati demikian perjalanan Geek Fam hingga ke Grand Final MPLI 2022 bisa dibilang tidak mudah. Mereka menjalani laga dari awal yang dimulai dari RRQ Sena, Orange Esports, Blacklist International, hingga RSG PH.

Kemenangan Geek Fam melawan Blacklist International dan RSG PH membuatnya dijuluki sebagai tim counter PH (Filipina). Sementara perjalanan Onic Esports lebih mudah karena posisi mereka langsung ke Quarter Final. Hal itu dikarenakan status Onic yang sebelumnya jadi juara MPL ID.

Sementara itu, tim yang berhasil menjadi runner-up dari tahun ke tahun adalah:

  • 2019: Resurgence 
  • 2020: BREN Esports
  • 2021: Blacklist International
  • 2022: Geek Fam ID

Jadwal MPLI 2023 

Daftar Juara MPL Invitational (MPLI) Dan Jadwal MPLI 2023
Sumber laman resmi One Esport

Seperti yang ditulis di atas, sejak tahun 2021 ONE Esports ikut menjadi sponsor untuk turnamen Asia Tenggara ini. Lewat akun resmi Instagram mereka @oneesportsid, kita mengetahui bahwa tanggal MPL Invitational di tahun 2023 adalah pada tanggal 15 November hingga 19 November 2023.

Baca Juga:  Mentahan Lobby FF Max

Saat ini, kita belum mengetahui siapa saja tim yang akan dikirim oleh Indonesia untuk mengikuti acara ini.

MPLI 2023 Akan Digelar Offline Untuk Pertama Kalinya 

Sejauh ini, MPLI telah berlangsung empat kali, yang pertama pada tahun 2020. Ketiganya digelar secara daring dan menampilkan format serupa. Garis waktu acara tersebut adalah pada bulan November – setelah musim kedua MPL dan sebelum M World Championships. Mereka semua juga menampilkan kumpulan hadiah $ 100.000.

Turnamen tersebut menampilkan 20 tim yang diundang dari berbagai MPL. Formatnya menampilkan braket eliminasi tunggal di mana tim berjuang untuk memberikan segalanya.

Namun, edisi 2023 akan berbeda. Kali ini, acara tersebut akan berlangsung secara offline di tempat yang dirahasiakan dari 15 hingga 19 November. ONE Esports belum mengungkapkan detail lain tentang acara tersebut.

Gelaran Turnamen secara offline di tahun ini merupakan sebuah catatan baru karena turnamen ini sangat diminati oleh pecinta mobile legends dan para gamers. MPL Invitational mencatat jumlah penonton yang sangat banyak, tidak diragukan lagi MLBB menjadi kancah E-Sport yang paling banyak diminati dan tak sepi penonton.

Edisi 2020 mencatat jumlah penonton puncak sebesar 723.000 dan rata-rata 142.000 penonton, menurut Esports Charts . Ini melonjak ke 1,7 juta penonton puncak yang mencengangkan untuk edisi 2021 dan rata-rata 341.000 penonton.

Namun, edisi 2022 turun menjadi 704.000 penonton puncak dan rata-rata 200.151, terutama karena tim yang lebih populer tersingkir di babak sebelumnya.

Pastinya bagi kalian para pecinta game mobile legends sudah tidak sabar untuk melihat tim kesayangan kalian merebutkan gelar juara bukan ? baca informasi lengkap mengenai mobile legends dan seputar game lainnya hanya di Metodegames !