Informasi Plat B Asal Jakarta dan Kode Nomor Belakang Plat Lengkap

metodegames.com –  Bagi anda yang mencari informasi plat B asal Jakarta, dan  arti kode nomor belakang plat lengkap, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak pembahasannya dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana setiap kendaraan yang berjalan di jalan memiliki nomor plat yang berbeda dengan yang lainnya. Dan apabila anda menemukan terdapat plat nomor yang identik, maka bisa dipastikan salah satu plat tersebut bodong. Hal ini penting sebab fungsi utama dari plat kendaraan adalah sebagai alat identifikasi atau pengenalan terhadap kendaraan dan merupakan hal yang wajib dimiliki setiap kendaraan yang beroperasi di jalan.

Dengan nomor plat kendaraan, pihak berwenang dapat dengan cepat melacak kendaraan yang terlibat tindak kejahatan, kendaraan yang melanggar lalu lintas, kendaraan yang membahayakan orang lain seperti tabrak lari dan lain sebagainya. Selain itu plat kendaraan juga berguna untuk mengindetifikasi asal kendaraan, beserta administrasi kendaraan meliputi pajak, nomor kendaraan, beserta dengan kode rangka kendaraan.

Arti Kode Plat Kendaraan TNKB

Plat B Asal Jakarta

Susunan kombinasi huruf dan angka pada plat kendaraan bukanlah kombinasi yang asal-asalan saja sebab sebagai fungsi plat sebagai alat identifikasi kendaraan, maka setiap huruf dan angka pada kendaraan memiliki arti dan makna khusus sebagaimana yang telah diatur oleh undang-undang.

Secara umum plat nomor kendaraan bermotor di Indonesia diawali dengan kode huruf yang menandakan domisili atau daerah di mana kendaraan tersebut teregistrasi. Sedangkan kode angka setelah huruf pertama, bisa menandakan hal sebagai berikut.

Kode angka pada plat nomor kendaraan juga punya arti, yakni mengindikasikan jenis kendaraan tersebut.

  • Angka 1-2999: Kendaraan penumpang
  • Angka 3000-6999: Sepeda motor.
  • Angka 7000-7999: Bus.
  • Angka 8000-8999: Kendaraan penumpang/barang.
  • Angka 9000-9999: Kendaraan pengangkut beban atau truk.
Baca Juga:  Cara Hapus Akun Badoo

Seperti halnya dengan kode huruf depan dan angka, huruf di belakang plat nomor juga memiliki arti yang mengidentifikasi sebuah kendaraan. Biasanya terdiri dari tiga huruf. Huruf pertama setelah kode angka plat nomor memiliki arti tempat terdaftarnya kendaraan tersebut. Tempat yang dimaksud lebih spesifik, tepatnya tingkat kabupaten atau kota.

Informasi Plat B Asal Jakarta dan Kode Nomor Belakang Plat

Kode plat untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya diawali dengan huruf B, dimana kode plat nomor belakang Jakarta tergantung mobil tersebut terdaftar di wilayah mana sebab Jakarta sendiri memiliki lima wilayah berbeda yakni dari Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur dan setiap wilayah ini memiliki kode plat nomor belakang yang berbeda.

Simak penerapan plat nomor Jakarta berdasarkan wilayahnya.

  • Kota Administrasi Jakarta Barat

    B 1616 B**

  • Kota Administrasi Jakarta Pusat
  • B 16161 P**
  • Kota Administrasi Jakarta Selatan
  • B 1616 S**
  • Kota Administrasi Jakarta Timur
  • B 1616 T**
  • Kota Administrasi Jakarta Utara

    B 1616 U**

Jadi walaupun kode plat nomor bagian depan tetap sama, yaitu “B”, untuk bagian belakang tetap berbeda tergantung dari wilayah yang lebih spesifik.

Demikian informasi mengenai informasi plat B asal Jakarta, dan kode nomor belakang plat lengkap. Semoga berguna dan bermanfaat.