Kode Plat Nomor Kalimantan Selatan Dan Cara Nama Pemilik Plat

metodegames.com – Bagi anda mencari informasi kode plat nomor Kalimantan Selatan? maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak informasinya dibawah ini.

Pastinya kita semua sudah mengetahui wajibnya dan pentinnya menggunakan plat kendaraan, dimana plat kendaraan sendiri diwajibkan oleh Undang-undang sebab jika sebuah kendaraan tidak memiliki plat kendaraan, maka mobil tersebut bisa terkena tilang di jalan hingga penyitaan mobil anda ke kantor polisi untuk penyelidikan lebih lanjut seperti apakah mobil tersebut terlibat tindak pidana, penggelapan, mobil ilegal hingga mobil yang dicuri.

Sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, plat nomor kendaraan harus di dipasang pada bagian depan kendaraan dan pada bagian belakang kendaraan, hal ini berlaku pada baik untuk kendaraan bermotor beroda dua dan beroda empat. Untuk pemasangannya sendiri tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 55 tahun 2012 yang disebutkan di peraturan tersebut bahwa kendaraan harus mempunyai lampu penerangan untuk plat nomor dengan tujuan agar dapat dibaca pada jarak minimal 50 meter dari belakang.

Selain itu, terdapat juga larangan untuk memodifikasi plat nomor kendaraan untuk tujuan apapun sebagaimana yang tercantum dalam Dalam Undang-Undang (UU) No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang mana ditegaskan dimana setiap kendaraan wajib dipasang plat nomor, Tidak hanya itu, tertulis plat nomor kendaraan dilarang dimodifikasi, seperti mengubah warna, tulisan, bentuk ataupun ditempeli logo dan stiker yang tidak resmi alias ilegal yang semuanya diatur dalam Undang-undang ini.

Kode Plat Nomor Kalimantan Selatan

Kode Plat Nomor Kalimantan Selatan

Sebagai alat identifikasi kendaraan, maka plat kendaraan di Indonesia sendiri memiliki kode huruf pertama yang berbeda setiap wilayah dan kota untuk membedakan asal wilayah atau provinsi dari mana kendaraan tersebut berasal dan terdaftar. Jadi jangan heran apabila pada setiap provinsi memiliki huruf awalan plat yang berbeda-beda.

Baca Juga:  Cara Download Video di Shopee dengan Mudah

Adapun kode plat nomor kendaraan nomor Kalimantan Selatan sendiri di awali dengan huruf DA yang digunakan oleh setiap kendaraan di kota Banjarmasin Kalimantan Selatan dan juga beberapa kabupaten di sekitarnya. Adapun beberapa kabupaten di Kalimantan Selatan di bedakan dari huruf belakang pada plat kendaraan. Untuk lebih jelasnya, simak arti kode plat belakang dari plat DA asal Kalimantan Selatan yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Kabupaten Balangan memiliki plat nomor kendaraan DA dan kode belakang Y*.
  • Kabupaten Banjar memiliki plat nomor kendaraan DA dan kode belakang B**/Q*.
  • Kabupaten Barito Kuala memiliki plat nomor kendaraan DA dan kode belakang M**.
  • Kabupaten Kota Baru memiliki plat nomor kendaraan DA dan kode belakang G**.
  • Kabupaten Tabalong memiliki plat nomor kendaraan DA dan kode belakang H**/U*.
  • Kabupaten Tanah Bumbu memiliki plat nomor kendaraan DA dan kode belakang Z**.
  • Kabupaten Tanah Lot memiliki plat nomor kendaraan DA dan kode belakang L**.
  • Kabupaten Hulu Sungai Selatan memiliki plat nomor kendaraan DA dan kode belakang D**.
  • Kabupaten Hulu Sungai Tengah memiliki plat nomor kendaraan DA dan kode belakang E**.
  • Kabupaten Hulu Sungai Utara memiliki plat nomor kendaraan DA dan kode belakang F**.
  • Kabupaten Tapin memiliki plat nomor kendaraan DA dan kode belakang K**.
  • Kota Banjarbaru memiliki plat nomor kendaraan DA dan kode belakang P**/R*.
  • Kota Banjarmasin memiliki plat nomor kendaraan DA dan kode belakang A**/C*/I*/J*/N*/O*/S*/T**/V*/W*/X*.

Cara Cek Nama Pemilik Plat Nomor Kendaraan

Sekarang sudah tersedia website untuk mendapatkan informasi plat nomor secara online sehingga anda tidak perlu jauh-jauh ke kantor Samsat. Anda bisa mengakses http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ yang biasa disebut e-Samsat online untuk memulai proses mengecek plat nomor mobil.

Baca Juga:  Membuat Nada Dering WA Dengan Sound of Text Doraemon Bahasa Indonesia

Pada situs resmi Samsat tersebut, anda bisa langsung memasukkan kombinasi nomor plat kendaraan yang informasinya memang ingin dicari. Di bagian kolom berikutnya, anda juga akan diminta untuk memasukkan NIK. Namun jika memang tidak ada, atau tidak ingin, anda bisa membiarkannya tetap kosong. Kemudian beri tanda centang pada bagian klik kota kosong di sebelah tulisan “I’m not a robot” untuk verifikasi otomatis. Jika semuanya telah dilakukan, sekarang waktunya klik Proses.

Dari sana, maka anda akan mendapatkan informasi mobil berdasarkan plat nomor yang telah dimasukkan. Informasi ini terdiri dari merek mobil, tipe mobil, jenis bahan bakar, warna mobil, besar pajak, hingga masa berlaku pajak kendaraan bermotor yang harus dibayarkan pemilik kendaraan. Cara ini juga bisa digunakan untuk cek pajak kendaraan saat jatuh tempo membayar pajak.

Mudah bukan? Kini anda mengecek nama pemiliki plat nomor kendaraan lengkap dengan informasi penting yang ingin anda ketahui sesuai dengan kebutuhan anda.

Demikian informasi mengenai kode plat nomor Kalimantan Selatan dan cara mengecek nama pemilik plat kendaraan. Semoga berguna dan bermanfaat.