Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam

Apakah HP kamu sering panas ketika baru digunakan? Apabila HP sering mengalami panas apalagi batre HP kalian batre tanam silahkan kalian simak cara mengatasi HP panas batre tanam berikut ini.

Batre merupakan sebuah komponen penting dalam sebuah HP, semakin maju perkembang teknologi sekarang bentuk batre sekarang berbentuk tanam. Berbeda dengan yang dulu bisa kalian lepas pasang.

Selain itu batre tanam juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, salah satu kelebihannya adalah batre jadi lebih awet, karena kita tidak sering melakukan bongkar pasang batre.

Batre tanam juga memiliki kekurangan, seperti ketika HP kita mengalami panas yang berlebih yang membuat HP menjadi blank tidak bisa di gunakan. Maka cara satu-satunya untuk mematikannya adalah melepas batre nya.

cara mengatasi HP panas batre tanam 3

Sekarang teknologi semakin maju, kamu bisa dengan mudah mengatasi HP yang panas meskipun batre tanam. Lalu bagaimana cara mengatasi HP panas batre tanam? Nah kali ini, Metodegames akan membagikan tutorialnya kepada kalian.

Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP yang cepat panas batre tanam. Nah jika kamu ingin mendinginkan HP kamu yang panas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Baca Juga:  Cara Mendownload Video Dari YouTube

1. Melakukan Kalibrasi Batre

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP yang mudah panas adalah melakukan kalibrasi batre HP. Metode in dipercaya bisa memulihkan performa batre HP.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk melakukan kalibrasi batre HP:

  1. Pakai HP kalian sampai batrenya benar-benar habis atau mati total.
  2. Charge batre HP kalian hingga mencapai 100% dalam keadaan mati.
  3. Berikutnya, pakai HP kalian lagi sampai batrenya hampir 0%.
  4. Charge kembali hingga 100% dengan HP dalam keadaan menyala.
  5. Pakai HP sampai batre habis atau mati.
  6. Lakukan charge hingga batrenya mencapai 100% dalam keadaan mati.
  7. Terakhir, hidupkan kembali HP kalian dan gunakan seperti biasa.

2. Melakukan Pengisian Batre Sebelum Habis

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP yang mudah panas batre tanam adalah melakukan pengisian sebelum habis. Setidaknya sebelum batre mencapai 10% ya sobat gamers.

Kamu bisa melakukan charge HP agar batre tidak bocor. Namun jangan juga mengisi batre secara berlebihan, karena ini bisa berdampak buruk pada kesehatan batre tanam

Apabila kamu melakukan pengisian batre secara berlebihan, maka HP kalian bisa semakin lama melakukan charging. Bahkan bisa membuat batre tanam kalian mengalami konsleting, sehingga kalian harus tahu dengan benar cara mengisi batre HP.

3. Jangan Gunakan HP Saat Di-Charge

Cara berikutnya ini bisa mengatasi HP yang panas batre tanam. Ketika HP kalian sedang di charge, sebaiknya HP yang digunakan jangan dipakai ya.

Karena hal ini sangat berbahaya, selain bisa membuat HP mudah panas namun juga bisa juga membuat batre HP kalian bocor. Kalian bisa membiarkan HP tersebut terisi sampai penuh, baru kemudian kalian bisa gunakan.

Baca Juga:  Cara Membuat Kop Surat di Word

Dengan melakukan cara ini, kamu bisa dengan mudah mengatasi HP yang mudah panas dengan cepat. Atau kalau ingin cepat lagi, kalian bisa menggunakan kipas ketika di charge atau di taruh ditempat yang ber-AC.

4. Menggunakan Charger Original

Menggunakan charge asli bawaan HP memang sangat mempengaruhi suhu HP lho. Hal ini terjadi karena, charger yang tidak asli memiliki daya yang berbeda dengan kebutuhan HP.

Misalnya, daya charger lebih besar daripada daya HP itu sendiri maka bisa mempengaruhi suhu HP. Hal ini bisa menyebabkan HP sangat mudah panas karena daya yang diterima lebih besar.

Pastikan kalian menggunakan charger ori bawaan HP. Jika charger bawaan rusak, kalain bisa membeli charger yang ori yang memiliki aliran daya yang baik. Meskipun agak mahal, namun tetap menjaga batre HP supaya tidak mudah panas.

5. Menghapus File Sampah

Cara mengatasi HP yang mudah panas batre tanam terakhir adalah dengan menghapus file sampah di HP. Segala file sampah, seperti data cache, hingga cookies yang sudah sangat bertumpuk ternyata juga jadi salah satu penyebab HP dan batre cepat panas.

cara mengatasi HP panas batre tanam 2

Karena file sampah ini membuat HP bekerja lebih keras karena file sampah tersebut. Hal inilah yang membuat HP sangat mudah panas ketika baru digunakan sebentar.

Penyebab HP Mudah Panas

Selain mencari cara mengatasi HP panas batre tanam, penting bagi kita untuk memahami mengapa perangkat kita bisa mengalami masalah panas.

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab HP terasa panas, dan kita akan membahasnya secara lebih rinci di bawah ini.

1. Bermain Game Terlalu Lama

Salah satu penyebab utama HP menjadi panas adalah bermain game terlalu lama. Game-game modern seringkali menguras daya batre dan memerlukan pemrosesan grafis yang intensif. Saat kamu bermain game dalam waktu yang lama, HP kamu akan bekerja keras, yang dapat menyebabkan peningkatan suhu perangkat.

Baca Juga:  Cheat Bully PS2 Tamat

2. Melakukan Streaming Terlalu Lama

Streaming video atau audio dalam jangka waktu yang lama juga bisa membuat HP kamu panas. Proses streaming memerlukan penggunaan berkelanjutan dari CPU dan GPU, yang pada gilirannya dapat menghasilkan panas yang cukup signifikan.

3. Tidak Melakukan Update pada Aplikasi dan Software HP

Ketika kamu gagal melakukan pembaruan pada aplikasi dan sistem operasi HP kamu, hal ini dapat menyebabkan ketidaksempurnaan dalam penggunaan sumber daya. Pembaruan seringkali mencakup perbaikan bug dan peningkatan efisiensi yang dapat membantu mengurangi panas yang dihasilkan oleh perangkat kamu.

4. Pengaturan yang Belum Optimal

Ketidaksesuaian pengaturan pada HP kamu juga bisa menjadi penyebab perangkat panas. Misalnya, tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi atau penggunaan fitur-fitur seperti Bluetooth atau Wi-Fi yang tidak diperlukan dapat membebani batre dan memicu panas yang tidak perlu.

5. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan Bersamaan

Menjalankan terlalu banyak aplikasi secara bersamaan bisa memberatkan CPU dan RAM HP kamu. Ini bisa mengakibatkan peningkatan suhu perangkat, terutama jika beberapa aplikasi tersebut sangat berat dalam hal penggunaan sumber daya.

6. Kualitas batre yang Buruk

batre yang sudah tua atau rusak cenderung lebih panas saat digunakan. Kualitas batre yang buruk dapat memicu peningkatan suhu dan juga mempengaruhi masa pakai batre secara keseluruhan. Sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti batre jika kamu mengalami masalah panas yang persisten.

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi HP panas batre tanam. Cara diatas bisa kamu manfaatkan untuk mendinginkan HP yang mudah panas. Semoga informasi ini bermanfaat, Terima kasih dan Selamat Mencoba.