Cara Ambil Uang di ATM BRI

munteHayoo! Siapa disini yang masih bingung bagaimana cara ambil uang di ATM BRI? Nah, buat kamu yang jarang ke ATM terus mau mengambil uang pasti bingung tidak tahu caranya. Berikut penjelasannya.

Sebenarnya mengambil uang di ATM khususnya Bank BRI sangat mudah dilakukan. Namun, bagi pengguna baru pasti masih bingung bagaimana mengambil uang di mesin ATM.

Ada 2 cara untuk mengambil uang di ATM BRI, yaitu dengan mengambil menggunakan kartu maupun tanpa kartu. Untuk mengambil uang kamu cukup mencari Bank BRI terdekat yang bisa dijumpai.

ATM BRI sangat mudah dijumpai di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Biasanya kamu bisa menemukan ATM BRI di tempat-tempat yang strategis dan mudah dijangkau semua orang.

Selain untuk mengambil uang, ATM BRI juga bisa kamu manfaatkan untuk menabung dan mengecek rekening tabungan tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia.

cara ambil uang di ATM BRI 2

Namun jika kamu ingin mengetahui cara ambil uang di ATM BRI, Metodegames sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu pakai. Berikut adalah caranya.

Cara Ambil Uang di ATM BRI

Seperti yang sudah disinggung diatas, ada 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk mengambil uang di ATM BRI, yaitu dengan dengan kartu dan tanpa kartu. Daripada penasaran, berikut kedua cara tersebut.

Cara Ambil Uang di ATM BRI Dengan Kartu

Buat kamu yang ingin menggunakan cara ini, kamu peru mengunjungi terlebih dahulu ATM BRI terdekat. Lalu siapkan kartu ATM dan jangan lupa pinnya.

Baca Juga:  Cara Mengatur Margin di Word dengan Mudah dan Cepat

Berikut ini langkah-langkah cara mengambilnya dengan menggunakan kartu yaitu:

  1. Setelah menemukan ATM BRI terdekat, silahkan pilih nominal uang yang kamu inginkan seperti Rp 50 ribu atau Rp 100 ribu.
  2. Kemudian, masukan kartu ATM BRI kamu ke mesin ATM.
  3. Pastikan posisinya benar dan tidak kebalik, seperti logo BRI berada di posisi teratas.
  4. Selanjutnya, pilih bahasa yang dapat kamu gunakan selama proses pengambilan uang, kamu bisa memilih bahasa Indonesia supaya lebih mudah dan cepat.
  5. Langkah selanjutnya, masukan pin ATM BRI yang terdiri dari enam digit angka. Pastikan jangan sampai salah, karena jika salah memasukkan sampai tiga kali maka otomatis kartu ATM akan terblokir.
  6. Selanjutnya pilih nominal uang yang ingin diambil. Jika jumlah uang sesuai dengan yang diinginkan, kamu dapat langsung menekan tombol di angka tersebut.
  7. Namun, jika tidak sesuai kamu bisa memilih transaksi lain maka pilih tarik tunai lalu masukkan nominal uang secara manual.
  8. Kemudian pada layar akan muncul konfirmasi pilihan nominal uang yang kamu inginkan. Jika sudah benar maka pilih “Benar”. namun ternyata salah maka pilih “Salah” dan masukkan kembali nominalnya.
  9. Jika transaksi berhasil, uang akan keluar bersamaan dengan struknya.
  10. Ada beberapa ATM yang tidak mengeluarkan struk karena kehabisan kertas atau disetting sehingga saldo hanya muncul di layar.
  11. Terakhir, akan muncul pesan di layar mesin ATM, apakah ingin melanjutkan transaksi lain? Jika tidak, mesin ATM akan mengeluarkan kartu kamu.
  12. Proses pengambilan uang di ATM BRI selesai. Selanjutnya, kamu bisa keluar dari mesin ATM dan pastikan semuanya terdapat pada tempat yang aman sebelum kamu keluar, pastikan uang dan kartu ATM ada dan aman di dompet kamu.
Baca Juga:  Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop

Cara Ambil Uang di ATM BRI Tanpa Kartu

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengambilnya yaitu tanpa menggunakan kartu ATM. Untuk menggunakan cara ini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi BRImo. Aplikasi BRImo merupakan Aplikasi Keuangan Digital milik Bank BRI.

cara ambil uang di ATM BRI 3

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk tarik tunai lewat BRImo. Jika kamu ingin ambil uang di ATM BRI, kamu tinggal memilih opsi tarik tunai dan tentukan jumlahnya.

Supaya lebih mudah berikut adalah cara mengambil dengan mudah:

  1. Pertama, buka aplikasi BRImo.
  2. Selanjutnya, pilih ‘rekening sumber dana’.
  3. Selanjutnya, masukan nominal uang yang akan diambil.
  4. Setelah itu, kamu akan mendapatkan kode transaksi untuk mengambil uang beserta jatuh temponya.
  5. Langkah berikutnya, kamu bisa datang ke mesin ATM BRI.
  6. Kemudian, Pilih menu ‘Tarik Tunai’ di mesin ATM BRI, lalu masukan nomor ponsel yang terdaftar dan kode unik yang sudah didapat sebelumnya.
  7. Tunggu beberapa saat, mesin ATM sedang memproses tarik tunai.
  8. Selesai

Fungsi dan Manfaat ATM

Setelah mengetahui bagaimana cara ambilnya, kamu harus juga mengetahui fungsi dan manfaat ATM. Berikut adalah manfaat yang diberikan mesin ATM:

  • Dapat menarik uang tunai dalam 24 jam. Nasabah tidak lagi tergantung jam pelayanan bank atau hari libur untuk mengambil uang tunai.
  • Dapat digunakan sebagai kartu debit ( maestro).
  • Bebas dari antrean yang panjang.
  • Menghemat waktu, karena tidak lagi mengikuti prosedur administrasi.
  • Selain menarik uang tunai juga dapat melakukan pemindahbukuan.
  • Lebih mudah ditemukan karena ATM tersedia di berbagai lokasi strategis.
  • Dapat melihat informasi saldo.
  • Membeli voucher isi ulang.
  • Melunasi tagihan kartu kredit.
  • Membayar telepon ( Telkom dan Telepon seluler ).
  • Membayar PAM.
  • Membeli Tiket Pesawat.
  • Dan masih banyak lagi.
Baca Juga:  Cara Masukan Kode Voucher Axis dengan Mudah

Bagaimana mudah buka cara ambil uang di ATM BRI? Jadi sekarang kamu bisa melakukan pengambilan uang dengan kartu maupun tanpa kartu. Semoga artikel ini bermanfaat, Terima Kasih!