Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Bagaimana cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam? Buat kamu yang memiliki HP batre tanam dan tidak bisa di cas, silahkan baca cara mengatasinya di dalam artikel ini.

Zamana sekarang, HP sangat penting untuk menunjang berbagai keperluan. Hampir semua kegiatan sekarang membutuhkan HP, seperti berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau hanya sekedar mencari hiburan.

Namun apa yang tejadi HP yang kita gunakan mengalami mati total bahkan tidak bisa di cas, hal tersebut akan sangat mengganggu karena akan menghambat semua kegiatan.

Banyak sekali hal yang menyebabkan HP tersebut tidak bisa di cas, biasanya hal tersebut dikarenakan adanya masalah pada hardware atau software.

cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam 2

Nah untuk mengatasi hal tersebut, Metodegames akan membagikan caranya kepada kalian bagaimana cara mengatasinya. Sehingga kamu tidak perlu pergi ke tempat service HP karena akan memakan biaya tambahan.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Cara berikut cukup berhasil apabila di praktekan dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Menggunakan Cas yang Sesuai

Cara pertama yang perlu coba untuk mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam adalah dengan memastikan bahwa cas yang digunakan untuk mengisi batre HP adalah sesuai.

Salah satu penyebab mengapa batre tanam tidak bisa di cas karena sumber daya listrik yang tidak sesuai. Jadi untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan atau membeli cas yang sesuai dengan kebutuhan HP.

Baca Juga:  Cara Menghapus Objek di PicsArt

Mengapa sangat penting untuk menggunakan sumber daya listrik yang sesuai? Karena jika kamu tidak menggunakan daya listrik yang disarankan oleh produsen, maka kemungkinan besar pengisian batre tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Mungkin kamu berpikir bahwa kamu bisa menggunakan charger dari HP lain atau colokan USB yang tersedia, namun tindakan semacam ini seringkali mengakibatkan pengisian yang tidak efisien.

Sebelum kamu mencolokkan HP kamu ke sumber daya listrik, pastikan untuk memeriksa petunjuk dari produsen terkait dengan daya yang diperlukan untuk mengisi daya batre tanam pada HP kamu.

Setiap HP mungkin memiliki kebutuhan daya yang berbeda, dan menggunakan daya yang tidak sesuai dapat memperlambat proses pengisian. Bahkan, dalam beberapa kasus, pengisian mungkin memakan waktu sangat lama jika daya yang digunakan tidak mencukupi.

2. Bersihkan Port Kabel

Cara kedua untuk mengatasi batre yang tidak bisa mengisi adalah dengan memastikan port kabel tidak kotor. Apabila port kabel kotor, maka hal ini bisa menghambat pengisian batre menjadi tidak normal.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkan port dengan meggunakan tusuk gigi yang dibalut dengan tisu, bersihkan secara perlahan agar tidak merusak konektor di dalamnya.

Jangan membersihkan port kabel menggunakan benda yang berbahan logam, karena dapat mengakibatkan korsleting dan bisa menjadi alasan mengapa HP tidak bisa dicas.

3. Ganti Kabel Charger dan Adaptor

Salah satu penyebab yang membuat HP tidak bisa cas adalah kabel yang digunakan sudah terlalu lam. Setiap benda pasti memiliki umur masa pakainya, dan pasti mengalami kerusakan jika terlalu lama digunakan.

Kerusakan kabel juga bisa menjadi alasan mengapa batre HP tidak terisi sama sekali atau bahkan sering putus ketika digunakan. Untuk mengatasinya kamu bisa membeli kabel dan adaptor yang baru.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No HP

Pastikan ketika membeli, kamu memperhatikan merk dan toko tersebut. Pastikan kamu membeli adaptor yang memiliki merk sama seperti HP yang digunakan dan pastikan dari toko official.

4. Reset Ulang HP ke Setelan Pabrik

HP android pada umumnya seperti Xiaomi, OPPO, VIVO, Samsung, Realme, POCO dan lainnya dapat dilakukan reset ke setelan pabrik agar sistem berjalan semestinya.

Jika kamu sudah melakukan semua cara diatas dan tidak membuahkan hasil, kamu bisa melakukan reset ke setelan pabrik agar HP kembali berjalan normal.

cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam 3

Karena salah satu penyebab batre tidak terisi karena adanya banyak aplikasi yang mengkonsumsi daya, jadi meskipun HP sedang di cas tetap saja tidak bertambah bahkan bisa sampai 0 persen dan mati.

5. Bawa HP Ketempat Service

Apabila kamu sudah melakukan semua cara diatas bahkan melakukan reset ulang namun tidak mengalami perubahan, maka cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawa HP ketempat service.

Kemungkinan yang menyebabkan HP tidak terisi ketika di cas yaitu adanya kerusakan hardware yang orang awam pasti tidak tahu. Atau bisa saja kita harus mengganti batre karena batre rusak dan harus diganti.

Untuk mengatasi hal ini kita membutuhkan teknisi yang ahli dalam hal ini. Usahakan untuk memilih tempat service yang resmi yang sesuai dengan merk HP yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan.

Itulah beberapa cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Kamu bisa mencoba beberapa cara diatas untuk mengatasi HP yang tidak bisa di cas. Semoga informasi ini bermanfaat, Terima kasih dan Selamat mencoba.