Kode Plat Nomor Kendaraan H Berasal Dari Mana? Simak Asal dan Arti Huruf Belakangnya

metodegames.com – Apakah anda mencari informasi kode plat nomor kendaraan H dari mana? maka anda tepat menemukan artikel ini dimana anda bisa menyimak asal dan arti huruf belakangnya dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama plat nomor kendaraaan bukanlah sekedar pelengkap kendaraan saja sebagai mana yang kita lihat pada kendaraan yang berlalu lalang di jalan dimana plat nomor kendaraan sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk mengindentifikasi kendaraan baik itu ketika kendaraan melanggar lalu lintas atau melakukan kejahatan dan juga untuk mengetahui informasi administrasi kendaraan yang berlaku.

Maka dengan tujuan dan fungsinya yang sangat penting, maka memiliki plat kendaraan adalah bersifat wajib untuk setiap pemilik kendaraan bermotor baik itu yang beroda dua hingga beroda empat. Oleh karena itu, ketika anda membeli kendaraan baru, maka mau tidak mau, anda harus menunggu dulu hingga proses plat kendaraan telah terdaftar dan bisa anda gunakan secara resmi di jalan raya. Hal ini sesuai dengan dengan Undang-undang yang telah mengatur mengenai kewajiban menggunakan plat kendaraan dan melengkapi tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB). Dalam pasal 68 ayat 1 dituliskan bahwa “Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan surat TNKB dan TNKB“.

Adapun setiap huruf dan angka pada plat kendaraan memiliki arti masing-masing untuk mempermudah identifikasi oleh pihak berwajib dimana arti dan maknanya bisa anda simak sebagai berikut.

  • Kode huruf yang depan sebagai wilayah asal rayon
  • Kode angka yang tengah sebagai urutan nomor polisi saat kendaraan didaftarkan
  • Kode huruf yang akhir sebagai asal wilayah Kota dan Kabupaten
  • Dan yang terakhir merupakan susunan bulan dan tahun kapan plat kendaraan berakhir masa berlakunya dan harus diperpanjang kembali.
Baca Juga:  Asal Kode Wilayah Plat Nomor F dan Dan Asal Huruf Belakang Plat

Adapun penggunaan plat kendaraan harus ditempatkan satu pada bagian depan kendaraan, dan satu lagi pada bagian belakang kendaraan.

Kode Plat Nomor Kendaraan H Berasal Dari Mana?

Kode Plat Nomor Kendaraan H Berasal Dari Mana

Sebagaimana yang kami sebutkan diatas, huruf awal pada plat kendaraan adalah menandakan asal wilayah dari kendaraan tersebut dan untuk plat kendaraan dengan huruf H adalah plat kendaraan yang digunakan mewakili Kabupaten/Kota Semarang dan sekitarnya. Dan untuk huruf pada plat belakang menandakan asal daerah yang lebih spesifikasi.

Untuk lebih jelasnya, simak asal kota dari plat H dari kode plat belakang sebagai berikut.

  • Kota Semarang H, kode plat belakang A*/W*/G*/F*/H*/P*/Q*/R*/S*/X*/Y*/Z*
  • Kabupaten Semarang H, kode plat belakang C*/I*/L*/V*
  • Kabupaten Demak H, kode plat belakang E*/N*/J*
  • Kabupaten Kendal H, kode plat belakang D*/U*/M*
  • Kabupaten Salatiga H, kode plat belakang B**/O*/K*/T*

Cara Cek Nama Pemilik Plat Nomor

Apakah anda ingin mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor kendaraan? maka anda bisa menyimak panduannya sebagai berikut.

Menggunakan layanan online

Terdapat beberapa layanan online yang menyediakan informasi tentang pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor. Anda hanya perlu memasukkan plat nomor kendaraan dan melakukan pencarian.

Melalui situs web resmi pemerintah setempat

Kepolisian Republik Indonesia memiliki situs web resmi yang menyediakan informasi tentang pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor. Anda hanya perlu memasukkan plat nomor kendaraan dan melakukan pencarian. Sebut saja seperti e-samsat online.

Menghubungi polisi

Anda juga bisa menghubungi polisi setempat untuk mengetahui atas nama siapa sebuah plat nomor kendaraan. Polisi biasanya memiliki informasi tentang pemilik kendaraan dan dapat membantu menjawab pertanyaan anda apabila kepentingan anda termasuk dalam pelayanan masyarakat dan tidak berniat jahat pada orang lain.

Baca Juga:  Alamat Service Center Lengkap Axioo Resmi Seluruh Indonesia

Demikian informasi mengenai kode plat nomor kendaraan H dari mana? beserta asal kota berasal dari arti huruf belakang pada plat kendaraan H. Semoga berguna dan bermanfaat.